Hermits of Architecture

Omah Library dengan bangga menyelenggarakan seri webinar “Hermits of Architecture” untuk membagikan wawasan dan langkah-langkah menyusun wawasan, ketrampilan, dan sikap yang berisi cara – cara di dalam memikirkan arsitektur. Cara – cara ini dituangkan dalam kelas wacana “Hermits of architecture”. Kelas ini memupuk kesadaran akan memperkuat akar yang sangat diperlukan dalam berpraktik arsitektur di era global ini.

Di dalam “Hermit of Architecture”, ada setidaknya 5 cara hermits yang dapat dipelajari yang diturunkan dari filosofi Nicomachean-Aristoteles, seperti Nous (kearifan intelektual), Techne (kearifan teknikal), Phronesis (kearifan taktikal), Episteme (wawasan pengetahuan), dan Sophia (kecintaan dan refleksi).

Kelima proses berpikir ini menumbuhkan inovasi di diri masing-masing sesuai dengan kekhasannya. Perbedaan kelimanya akan dibahas seluruhnya dalam lima sesi kelas pekanan setiap hari Rabu, mulai 03 November – 01 Desember 2021.

01 | Introduction – Nous
Panelis Indah Widiastuti
03 November 2021 | 19.00 WIB

02 | Techne
Panelis Nanda Widyarta
10 November 2021 | 19.00 WIB

03 | Episteme
Panelis Undi Gunawan
17 November 2021 | 19.00 WIB

04 | Phronesis
Panelis Revianto B Santosa
24 November 2021 | 19.00 WIB

05 | Sophia
Panelis I Nyoman Gede Mahaputra
01 Desember 2021 | 19.00 WIB

Mari berpetualang bersama the Hermits dengan cara mengisi form pendaftaran dan ikuti petunjuk konfirmasi: bit.ly/OMAH_HERMITS

Untuk mengikuti webinar Omah Library diperlukan donasi sebesar 10.000 per sesi yang akan dipergunakan untuk meningkatkan literasi arsitektur dan mengapresiasi pengetahuan yang diberikan pembicara. Bagi yang berkeinginan mengikuti namun tidak mampu, mohon untuk mengirimkan surat ke kami karena webinar ini adalah ajang membangun kebersamaan.

Semoga webinar ini mampu untuk mengobati kerinduan kita semua untuk bertemu, bertegur sapa, dan belajar di dalam situasi yang terbatas di masa pandemi.

Lebih jelasnya bisa hubungi:
Satria (+62 858-6612-1161)
Luluk (+62 896-8031-1735)

Hermits of Architecture #5 – Sophia – I Nyoman Gede Maha Putra

EpistêmêKeluasan wawasan pengetahuan dan berpikir. Menelusuri bagaimana batas mengenai “tahu” merupakan gelombang berpikir dalam tatar arsitektur yang berlaku saat ini. Perkara mengetahui adalah sebuah perkara mengenai batas. Retorika umum yang beredar adalah sebuah matriks penuh batas antara “tahu” dan “tidak tahu”: “Kita tahu apa yang kita tahu. Kita tahu apa yang kita tidak tahu. KitaContinue reading “Hermits of Architecture #5 – Sophia – I Nyoman Gede Maha Putra”

Hermits of Architecture #4 – Phronesis- Revianto B. Santosa

Phronesis adalah semacam kelihaian bersiasat secara bijaksana yang berlatar pengetahuan dan nilai-nilai luhur, yang mempertimbangkan kepentingan diri sendiri sekaligus kepentingan khalayak. Sebagai kemahiran berstrategi, Phronesis hanya dapat terwujud dalam tindakan yang bersifat situasional. Berbeda dengan Plato yang memposisikan Phronesis sebagai implementasi Episteme, Aristoteles mendudukkan Phronesis sebagai kebijaksanaan yang asasi mengingat kedekatannya dengan tindakan nyata manusia.Continue reading “Hermits of Architecture #4 – Phronesis- Revianto B. Santosa”

Hermits of Architecture #3 – Episteme – Undi Gunawan

EpistêmêKeluasan wawasan pengetahuan dan berpikir. Menelusuri bagaimana batas mengenai “tahu” merupakan gelombang berpikir dalam tatar arsitektur yang berlaku saat ini. Perkara mengetahui adalah sebuah perkara mengenai batas. Retorika umum yang beredar adalah sebuah matriks penuh batas antara “tahu” dan “tidak tahu”: “Kita tahu apa yang kita tahu. Kita tahu apa yang kita tidak tahu. KitaContinue reading “Hermits of Architecture #3 – Episteme – Undi Gunawan”

Hermits of Architecture #2 – techne – Nanda Widyarta

Nanda Widyarta merupakan seseorang yang sepakat dengan aspek panteist pemikiran Baruch Spinoza. Karena itu, ia akan membawakan sebuah materi tentang techne, sebuah konsep yang dapat menyibak hubungan antara bidang-bidang yang saat ini dianggap tak berkaitan. Techne merupakan sebuah konsep Yunani Kuno yang terkait dengan ketrampilan. Tekhne juga memiliki nilai epistemologis. Walaupun techne terkait dengan penciptaanContinue reading “Hermits of Architecture #2 – techne – Nanda Widyarta”

Hermits of Architecture #1 – Introduction – Nous – Indah Widiastuti

Indah Widiastuti mempunyai perhatian terkait adanya upaya untuk menjelaskan desain yang telah selesai, yang terkadang menimbulkan sebuah permasalahan yang di sebabkan oleh ketidakmampuan desainer dalam mengkomunikasikan desain mereka dengan baik. Dalam menjawab permasalahan ini, Indah Widiastuti mencoba mundur untuk melihat kembali ke belakang, berhadapan dengan situasi pada saat zaman-zaman Aristoteles, ketika pikiran, spirit, tubuh, jiwaContinue reading “Hermits of Architecture #1 – Introduction – Nous – Indah Widiastuti”