Against Method

Di dalam bukunya berjudul Peta Metode Desain yang diterbitkan dalam bentuk e-book pada bulan Mei 2020, Agustinus Sutanto menarasikan metode desain arsitektur yang terbagi ke dalam 4 wilayah: Dunia Seni, Dunia Sains, Dunia Perilaku, dan Dunia Lingkungan. Keempat dunia ini dapat berdiri sendiri, sekaligus menjadi jembatan antar pengetahuan. Walaupun memaparkan sekitar 30 metode desain yang berbeda-beda, buku adalah pembuka yang menjadikan metode sebagai sebuah pembuka jalan Yang menawarkan sebuah titik tolak imajinasi pembaca akan penelusuran perjalanannya masing-masing.

Di antara permutasi dari kemungkinan variasi metode yang ada, kuliah ini merupakan salah satu bentuk di mana sebuah metode melawan strukturnya pemikirannya sendiri, untuk kemudian mempertanyakan, menjawab pertanyaan sendiri, lalu mendapatkan metode yang baru yang merupakan evolusi dari metode sebelumnya. Kuliah ini adalah refleksi terhadap tahapan – tahapan melalui proses desain dengan eksplorasi yang optimal.

Against Method [Diskusi]

Bagian ini merupakan rangkaian diskusi di dalam kelas Against Method yang berlangsung. Dengan panelis Agustinus Sutanto, Nanda Widyarta, dan Anas Hidayat. Dimoderatori oleh Realrich Sjarief. Di dalam bukunya berjudul Peta Metode Desain yang diterbitkan dalam bentuk e-book pada bulan Mei 2020, Agustinus Sutanto menarasikan metode desain arsitektur yang terbagi ke dalam 4 wilayah: Dunia Seni,Continue reading “Against Method [Diskusi]”

Against Method – Agustinus Sutanto

Di dalam bukunya berjudul Peta Metode Desain yang diterbitkan dalam bentuk e-book pada bulan Mei 2020, Agustinus Sutanto menarasikan metode desain arsitektur yang terbagi ke dalam 4 wilayah: Dunia Seni, Dunia Sains, Dunia Perilaku, dan Dunia Lingkungan. Keempat dunia ini dapat berdiri sendiri, sekaligus menjadi jembatan antar pengetahuan. Walaupun memaparkan sekitar 30 metode desain yangContinue reading “Against Method – Agustinus Sutanto”