Against Method – Nanda Widyarta [Tanggapan]

Sesi ini adalah sesi tanggapan yang menghadirkan Nanda Widyarta untuk membedah presentasi dan isi buku Agustinus Sutanto secara teoris dan historis.

Di dalam bukunya berjudul Peta Metode Desain yang diterbitkan dalam bentuk e-book pada bulan Mei 2020, Agustinus Sutanto menarasikan metode desain arsitektur yang terbagi ke dalam 4 wilayah: Dunia Seni, Dunia Sains, Dunia Perilaku, dan Dunia Lingkungan. Keempat dunia ini dapat berdiri sendiri, sekaligus menjadi jembatan antar pengetahuan. Walaupun memaparkan sekitar 30 metode desain yang berbeda-beda, buku adalah pembuka yang menjadikan metode sebagai sebuah pembuka jalan Yang menawarkan sebuah titik tolak imajinasi pembaca akan penelusuran perjalanannya masing-masing.

Di antara permutasi dari kemungkinan variasi metode yang ada, kuliah ini merupakan salah satu bentuk di mana sebuah metode melawan strukturnya pemikirannya sendiri, untuk kemudian mempertanyakan, menjawab pertanyaan sendiri, lalu mendapatkan metode yang baru yang merupakan evolusi dari metode sebelumnya. Kuliah ini adalah refleksi terhadap tahapan – tahapan melalui proses desain dengan eksplorasi yang optimal.


Testimoni Peserta

Metode metode yang ada hanya sebagai acuan bagaimana cara agara mendapatkan hasil hasil dari desain itu sendiri, kalau pun metode metode yang ada itu salah dan tidak diperlakukan oleh orang orang lain tidak papa, yang penting adalah bagaimana proses dalam melakukan metode tersebut. Dan semoga metode itu sendiri bisa dicari odan didapatkan oleh diri sendiri dalam jalur jalur yang berbeda. Bagus sekali materinya, semoga sebagai mahasiswa bisa menerapkan nya dalam berpikir.
Helma Apriani

SUPERB! Pak Agus membawakannya santai tapi tidak terasa 1,5 jam sudah lewat! Beliau beri kuliah tidak berasa lama, Pak Anas tanggapannya mudah dicerna, Pak Nanda juga oke banget tanggapannya, presentasinya minimalis jadi enak dibaca dan dilihat hehehehe. Materi hari ini benar-benar membuka wawasan; menambah cara berpikir yang dapat saya implementasikan dalam studio nanti (tidak terkungkung metode tunggal; sesuai yang dibawakan Pak Agus di sesi awal). Diskusi juga oke banget!
Jennifer Gabriella

Materi yang diberikan sangat baik dan menginspirasi. Saya sangat suka materinya yang begitu lengkap, penuh dengan contoh, serta ada buku referensi yang dibagikan sebelumnya. Selain itu, tidak hanya ada pembicara, tetapi juga ada penanggap yang membuat acara ini semakin kaya dan jelas. Apresiasi besar untuk Omah Library karena telah membuat acara seperti ini! 🙂
Devita Garcia

Sangat berharga buat saya materi hari ini, bagaimana sebuah metode bisa menghasilkan perancangan yang tepat, bagaimana sebuah metode terikat dengan tatanan, dan bagaimana mengembangkan metode itu sendiri. Acara ini juga memberikan gambaran bagi generasi muda untuk mempersiapkan diri menghadapi perjalanan arsitektur kedepan yang masih panjang. Serta kritikan dari peserta yang cukup menyuarakan apa yang saya pikirkan juga, dibahas dan dituntaskan. Terimakasih atas kesempatannya.
Gabriantika Kandiana Handayani


M Nanda Widyarta

M Nanda Widyarta saat ini adalah seorang mahasiswa program S3 di College of Built Environment, the University of New South Wales. Minatnya dalam hal riset terletak pada arsitektur modern di masa pasca-kemerdekaan. Walaupun saat ini masih berfokus pada kasus-kasus di Indonesia, tetapi ada juga ketertarikan—bahkan kebutuhan—untuk melakukan perbandingan dengan kasus-kasus di negara-negara lain.


Rangkaian Kelas Against Method

Against Method [Diskusi]

Bagian ini merupakan rangkaian diskusi di dalam kelas Against Method yang berlangsung. Dengan panelis Agustinus Sutanto, Nanda Widyarta, dan Anas Hidayat. Dimoderatori oleh Realrich Sjarief. Di dalam bukunya berjudul Peta Metode Desain yang diterbitkan dalam bentuk e-book pada bulan Mei 2020, Agustinus Sutanto menarasikan metode desain arsitektur yang terbagi ke dalam 4 wilayah: Dunia Seni, Dunia Sains, Dunia Perilaku, dan Dunia Lingkungan. Keempat dunia ini dapat berdiri sendiri, sekaligus menjadi jembatan antar pengetahuan. Walaupun memaparkan sekitar 30 metode desain yang berbeda-beda, buku adalah pembuka yang menjadikan metode sebagai sebuah pembuka jalan Yang menawarkan sebuah titik tolak imajinasi pembaca akan penelusuran…

Keep reading

Against Method – Anas Hidayat [Tanggapan]

Sesi ini adalah sesi tanggapan yang menghadirkan Anas Hidayat untuk membedah presentasi dan isi buku Agustinus Sutanto secara reflektif. Di dalam bukunya berjudul Peta Metode Desain yang diterbitkan dalam bentuk e-book pada bulan Mei 2020, Agustinus Sutanto menarasikan metode desain arsitektur yang terbagi ke dalam 4 wilayah: Dunia Seni, Dunia Sains, Dunia Perilaku, dan Dunia Lingkungan. Keempat dunia ini dapat berdiri sendiri, sekaligus menjadi jembatan antar pengetahuan. Walaupun memaparkan sekitar 30 metode desain yang berbeda-beda, buku adalah pembuka yang menjadikan metode sebagai sebuah pembuka jalan Yang menawarkan sebuah titik tolak imajinasi pembaca akan penelusuran perjalanannya masing-masing. Di antara permutasi dari…

Keep reading

Against Method – Agustinus Sutanto

Di dalam bukunya berjudul Peta Metode Desain yang diterbitkan dalam bentuk e-book pada bulan Mei 2020, Agustinus Sutanto menarasikan metode desain arsitektur yang terbagi ke dalam 4 wilayah: Dunia Seni, Dunia Sains, Dunia Perilaku, dan Dunia Lingkungan. Keempat dunia ini dapat berdiri sendiri, sekaligus menjadi jembatan antar pengetahuan. Walaupun memaparkan sekitar 30 metode desain yang berbeda-beda, buku adalah pembuka yang menjadikan metode sebagai sebuah pembuka jalan Yang menawarkan sebuah titik tolak imajinasi pembaca akan penelusuran perjalanannya masing-masing. Di antara permutasi dari kemungkinan variasi metode yang ada, kuliah ini merupakan salah satu bentuk di mana sebuah metode melawan strukturnya pemikirannya sendiri,…

Keep reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s