Theory: Do and Don’t

Pernyataan:
Teori adalah sebuah aktivitas memandang.

Coba lanjutkan kalimat ini:
Pertemuan ini adalah pertemuan mengenai …

Jawaban:
a. Teori Arsitektur,
b. Teori pada Arsitektur,
c. Teori bagi Arsitektur,
d. Teori dari Arsitektur,
e. Teori dan Arsitektur,
f. Di atas semua benar,
g. Di atas semua tidak benar,
h. Di atas, sebagian yang benar.
i. Saya punya teori saya sendiri,
j. Pernyataan awal adalah salah, Saya punya pernyataan yang lain.
k. Multiple-choice koq sampai k ??? Ngaco !!!?!?!!!

Jawaban Anda akan didiskusikan pada pertemuan ini. Hal-hal pokok mengenai arsitektur akan dibenturkan dengan sudut pandang-sudut pandang sebuah entitas yang diberi nama t.e.o.r.i , sebuah aktivitas memandang, yang melahirkan pengetahuan atau sekedar cara kita merasakan keindahan.


Kuliah tanggal 18.06.2020, diisi oleh Undi Gunawan, moderator: Realrich Sjarief, host: Satria A Permana


Testimoni Peserta

Pemaparan yang menarik dan simpatik… Teori itu utk membawa pengembaraan kita ke sesuatu yang baik, dalam batasan-batasan kita.
Aria Permana

Satu kata saja : Anti-mainstream.
Indar Ariska

Soal Materi..Cocok dengan kuliah wacana, seperti moderator bilang, open ended discussion..pemateri juga sama dengan pemateri sebelum-sebelumnya..melemaskan kekakuan..
Nugroho Ifadianto

Olah pikir adalah aktivitas hidup yang tidak pernah berakhir, begitu pula dengan berteori.
Widriyakara Setiadi

Menarik sekali materinya. Membuka cakrawala baru tentang konektivitas teori dan imajinasi kita. Termasuk juga memberikan satu penekanan bahwa kebermaknaan teori tergantung sejauh maka seorang berani berimajinasi dan berkreasi tanpa takut batasan
Nuruddin

Menggali seluk beluk teori secara makro, tidak hanya spesifik arsitektur.
Finta Lissimia

Materi yang disampaikan oleh Pak Undi disuguhkan dengan media yang menarik, sehingga membuat tidak bosan ketika mendengarkan materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan juga tidak kalah menarik, dengan mengambil aspek – aspek yang dari luar arsitektur.
Vincent


Berikut ini adalah transkrip diskusi yang terjadi pada saat berlangsungnya kelas wacana Theory pada 18.06.2020, diisi oleh Undi Gunawan, moderator: Realrich Sjarief, host: Satria A Permana

Speaker

Bambang Eryudhawan

Bambang Eryudhawan memiliki spesialisasi dalam bidang urban design, pelestarian cagar budaya, dan sejarah. Beliau termasuk salah satu pendiri Arsitek Muda Indonesia (1989) dan Pusat Dokumentasi Arsitektur (2002). Beliau pernah menjabat sebagai Ketua IAI Jakarta (2000-2003 dan 2003-2006), Wakil Ketua II IAI Nasional (2008-2011), dan Majelis Kehormatan IAI Nasional (2015-2018). Beliau juga pernah menjadi anggota dari beberapa badan yaitu Tim Sidang Pelestarian DKI Jakarta (2001-2020), Tim Penasehat Arsitektur Kota (2004-2014), Tim Pertimbangan Dinas Pertamanan DKI Jakarta (2005-2009), Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (2013-2023), dan Dewan Arsitek Indonesia. Beliau terlibat aktif dalam proses perencanaan Pelestarian Bangunan VOC di Banda Naira (2007-2010), PerancanganContinue reading “Bambang Eryudhawan”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s