Honor and Business

Arsitektur bukan hanya soal bisnis, namun juga kebanggaan menjadi arsitek. Hal ini dimulai dari memulai praktik, mengatur manajemen, merefleksikan perjalanan praktik dengan kebanggaan menjadi arsitek, dan nilai-nilai bekerjasama dengan orang lain, termasuk mengenal kembali dunianya dan memperkenalkannya pada dunia yang lebih luas, seberapa cukup dan seberapa besar sebuah studio perlu dikembangkan, dan apa yang menjadi dasar pertimbangannya.

OMAH Library telah mengadakan kelas Honor + Business yang membahas mengenai cara merefleksikan diri dalam perjalanan menjadi seorang arsitek bersama dengan 7 praktisi arsitektur sebagai narasumber. Dalam kelas ini para narasumber menceritakan pengalamannya merajut sebuah ekosistem kolaborasi arsitek dengan masyarakat yang lebih luas termasuk klien, engineer, dan orang-orang yang mengagumi arsitektur dengan keseluruhan nilai-nilai kebanggaan dan bisnis sebagai simbol peradaban dunia.

Kelas ini terdiri dari 7 sesi dengan 7 topik yang akan dibawakan oleh 7 narasumber berbeda.

  1. START dibawakan oleh Sonny Sutanto
  2. MANAGEMENT dibawakan oleh Rafael David
  3. LOW PRIDE dibawakan oleh Kevin Mark
  4. PARTNERSHIP dibawakan oleh Reza Nurtjahja
  5. GLOBAL dibawakan oleh Sibarani Sofian
  6. SMALL dibawakan oleh Tan Tjiang Ay
  7. ECOSYSTEM dibawakan oleh Farid Masdoeki

Honor and Business #7 Eco System

Sesi Honor + Business kali ini akan menghadirkan Faried Masdoeki @fariedms, Principal & Design Director di Hadiprana Design Consultant @hadipranadesign. Meskipun saat ini konsultan tersebut telah berusia 6 dekade dan dipegang oleh generasi ketiga, pendekatan desainnya masih memiliki roh yang sama yaitu desain kontemporer yang seimbang proporsinya antara klasik Eropa dengan nuansa vernakular Indonesia. EleganContinue reading “Honor and Business #7 Eco System”

Honor and Business #6 Small

esi Honor + Business kita kali ini akan dibersamai oleh Tan Tjiang Ay, ia memiliki karakter yang sederhana, fungsional dan memiliki karakter modernis yang kuat. Omah Library pernah membahas beliau di dalam sosok begawan Ciptaning. Ia mampu hidup dan menghidupi arsitektur melalui biro pribadinya, Tan Tjiang Ay Architects. Beliau memiliki spesifikasi sebagai arsitek hunian/rumah dimanaContinue reading “Honor and Business #6 Small”

Honor and Business #5 Global

Sesi Honor+Business kita kali ini akan dibersamai oleh Sibarani Sofian @sibsib75, founder dari URBAN+ @urbanplus dan @urbaninstitute. Melalui URBAN+, ia fokus pada urban desain, planning, arsitektur, lansekap, dan penasehat untuk pemerintah serta swasta terkait pembangunan & penataan perkotaan di seluruh Indonesia dan Asia. la terbiasa bekerja sama dengan konsultan global (EDAW, HOK, TAK, AECOM) khususnyaContinue reading “Honor and Business #5 Global”

Honor and Business #4 partnership

Sesi webinar Honor + Business kali ini akan dibersamai oleh Reza A. Nurtjahja, salah satu pendiri URBANE @urbane.indonesia bersama Irvan P. Darwis @irvanpd, Achmad D. Tardiyana @achmadtardiyana, dan Ridwan Kamil @ridwankamil. Dalam biro tersebut, Reza Nurtjahja berperan sebagai Principal, Managing Director, Senior Architect, sekaligus Senior Urban Designer. ia pun sangat menjaga lingkungan kerja biro layaknyaContinue reading “Honor and Business #4 partnership”

Honor and Business #3 pride

Sesi webinar Honor + Business kali ini akan menghadirkan Kevin Mark Low, seorang arsitek asal Malaysia, pemilik biro small-projects yang menangani tiap project secara detail dan personal. Kevin juga berkarya secara profesional dalam menulis dan mengajar. Ia pernah mempresentasikan makalah tentang teknologi bangunan di Universitas Harvard dan mengajar di departemen arsitektur di MIT. Cakupan pengalamanContinue reading “Honor and Business #3 pride”

Honor and Business #2 Management

Rangkaian kedua dari kuliah Honor + Business akan mengundang seorang arsitek yang telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun. Rafael David, seorang arsitek yang sempat berkarir di Singapura sebelum akhirnya membentuk biro @abodaydesign bersama dengan partnernya, @aryindra. Karya-karya Aboday pasti sudah tidak asing lagi bagi teman-teman. Dari tipe bangunan residensial, komersial hingga bangunan publik yangContinue reading “Honor and Business #2 Management”

Honor and Business #1 Start

Karir dalam bidang arsitektur memiliki banyak pilihan, dan jalan yang paling umum adalah memulai praktik sendiri. Sang arsitek akan memiliki kebebasan kreatifitas dalam menentukan desain akhir, bebas menentukan klien, bebas memiliki gaya kerjanya sendiri. Sebagai sebuah inspirasi, hal tersebut terdengar mudah. Namun secara realistis, ada banyak pertanyaan praktis dan ideologis yang harus diajukan sebelum mendirikanContinue reading “Honor and Business #1 Start”