Teori Dalam Kritisme

Teori dalam bahasa Yunani adalah melihat. Sehingga fungsi teori dapat dikatakan sebagai perangkat untuk menjelaskan sesuatu.Meski demikian, perangkat ini bergantung pada sudut pandang, “alat” untuk memandang. Lantas kondisi saat memandang (baik kondisi si pemandang maupun kondisi di sekeliling si pemandang) sangat mempengaruhi bagaimana si pemandang melihat sesuatu.

Sebagai contoh, Nanda memperumpamakan dalam tangkapan layar untuk melihat satu buah jar selai, dimana salah satu sisinya terdapat label, sisi lainnya tidak. Dalam presentasinya, ia mencontohkan sudut pandang Adam Smith dan Karl Marx dalam melihat ekonomi. Saat Adam Smith memandang ekonomi saat revolusi industri, sementara Karl Marx memandang jauh setelah revolusi industri dan akibat-akibatnya. Sehingga kedua teori ini akan selalu bertentangan.


Kuliah tanggal 24.07.2020, diisi oleh Nanda Widyarta, moderator: Realrich Sjarief, host: Amel


TESTIMONI PESERTA

Materi yang disampaikan menarik dan mudah dipahami.

Vincent

Sangat menarik dan membuka wawasan.

George Marvin

Materi yang luar biasa

Prima Widia Wastuty

Wacana dari pak nanda memberi insights yg lbh mendalam ttg teori arsitektur 👍👍👍

Ami Arfianti

Setiap sesi diskusi selalu membuka wawasan terhadap materi baru. Kadang mudah, kadang seperti dilempar ke dunia baru yang menyenangkan.

-Endah tisnawati


Berikut ini adalah transkrip diskusi yang terjadi pada saat berlangsungnya kelas Teori dalam Kritisisme pada 24.07.2020, diisi oleh Nanda Widyarta, moderator: Realrich Sjarief, host: Amel

Speaker

M Nanda Widyarta

M Nanda Widyarta saat ini adalah seorang mahasiswa program S3 di College of Built Environment, the University of New South Wales. Minatnya dalam hal riset terletak pada arsitektur modern di masa pasca-kemerdekaan. Walaupun saat ini masih berfokus pada kasus-kasus di Indonesia, tetapi ada juga ketertarikan—bahkan kebutuhan—untuk melakukan perbandingan dengan kasus-kasus di negara-negara lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s