Studio Culture: Theory

Undi Gunawan

Undi Gunawan merupakan staf pengajar dan Coordinator of Theory & History Department di Department of Architecture, Universitas Pelita Harapan. Semangat beliau dalam berbagi ilmu membuat beliau aktif di dunia literasi arsitektur, mengisi webinar-webinar, menulis buku, jurnal dan research sejak tahun 2014 sampai saat ini.

Untuk dapat mengakses kelas Studio Culture: Theory
anda perlu melakukan donasi melalui tautan berikut:

Akses kelas akan dikirimkan ke email atau Whatsapp yang didaftarkan.

Studio adalah sebuah tempat. Bila kita mamahami studio sebagai sebuah tempat, akan berlebihan -redundant- kita menyebutnya sebagai sebuah kultur studio (studio culture), karena studio, jika dipandang sebagai tempat, adalah medium tumbuh, pembudidayaan. Namun sebagai tempat, studio terus-menerus membutuhkan upaya pemaknaan. Studio, dalam berbagai situasinya merupakan sebuah tempat unik, namun sekaligus juga merupakan tempat yang berisi beragam pertumbuhan pemikiran dan gagasan; sebuah tempat dengan karakter yang tidak tunggal. Tidaklah kita efektif membahas studio pada tataran akademik versus tatar profesional saja, atau bahkan memandang seluruh kegiatan budaya mengolah materi dan ruang hanya terjadi pada wadah ruang studio. Studio adalah sebuah tempat multi-makna.

Kita berada di zaman serba ‘multi; ‘Multimedia, multidirectional, multitasking, multiplex, multidisiplin, multifungsi, multigenerasi, multilateral, multikultural, multinasional, multi-X! Pada kesempatan ini, pemateri berusaha memandang kultur studio secara multi-perspektif. Pemateri juga berharap, setiap peserta dapat menyadari perspektif yang melekat pada diri masing-masing selama ini dan bersedia berpartisipasi mendiskusikannya bersama-sama..

Hi Sahabat! Sesi kedua kita akan membahas topik Teori terkait Studio Culture bersama Undi Gunawan, seorang pembelajar yang melakukan aktivitas belajarnya dengan mengajar. Aktivitas formal institusionalnya adalah mengajar di Program Studi Arsitektur, School of Design, Universitas Pelita Harapan. Rekam jejak pemikirannya dalam beberapa tingkatan dapat dicari di academia.edu, Instagram, Facebook dan serpihan-serpihan jejak digital di dalam jangkauan big-data jaringan informasi global.



Berapa kelas Studio Culture lainnya bisa diakses di bawah ini:

Loading…

Something went wrong. Please refresh the page and/or try again.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s