Event | Fight for Architecture #2 – Pos-Kolonial?

Indonesia termasuk dalam tatanan sistem dunia. Tatanan sistem dunia ini mempengaruhi
arsitektur secara langsung dan tidak langsung.

Studi tentang sistem dunia adalah studi tentang politik, ekonomi, dan sosial di mana dilatarbelakangi oleh kesenjangan, maju dan mundurnya sebuah negara, ketidakadilan sosial, dan politik penjajahan. Terdapat beberapa studi tentang teori sistem dunia, yaitu The Annales School, Marxisme, Teori Ketergantungan, dan Wallerstein. Pada kuliah kali ini, Abidin Kusno akan membahas hubungan antara tatanan sistem dunia untuk memahami kondisi yang ada di dalam Arsitektur Indonesia sekarang sebagai negara bekas jajahan. Untuk bisa memahaminya, kita perlu memahami sejarah
dunia dan bagaimana interelasi sosial, budaya, ekonomi dan politik yang terjadi di dalamnya yang membentuk Knowledge Construction-World System Studies.

Abidin Kusno akan menggabungkan 2 buah cerita. Yang pertama, pengaruh pemikiran ‘pos-kolonial’ pada buku “Behind the Postcolonial” 20 tahun yang lalu. Yang kedua, bagaimana perkembangan selanjutnya dari mazhab ini di ranah akademik global pada umumnya dan bidang arsitektur khususnya untuk memahami pos-
kolonial lebih dalam.

Mari berkolaborasi dan berdiskusi mencari jawabannya bersama-sama di:

Fight for Architecture in Broken Ecosystem – 02. Pos-Kolonial?

dimana posisi arsitektur indonesia dalam world-system-theory? oleh Abidin Kusno

Jumat, 7 Oktober 2022

Pukul 19:00 WIB via Zoom

Untuk mengikuti acara ini, peserta dipersilakan untuk memberikan apresiasi dengan berdonasi (seikhlasnya) untuk setiap sesinya. Apresiasi yang sahabat berikan memiliki makna yang besar dalam menciptakan ekosistem apresiatif antara Peserta – Panelis – Platform (Wadah) untuk pengembangan literasi arsitektur Indonesia.

Daftarkan diri di: bit.ly/OMAH_FIGHT

Informasi lebih lanjut:

Putri (+62 815-1797-0213)

Vivi (+62 899-8898-239).


Informasi OMAH Events lainnya di bawah ini:

Fight for Architecture #8 – Partisipasi?

Pekan ini, Omah Library kembali menyelenggarakan webinar “Fight for Architecture in Broken Ecosystem: The Trap of Post Colonial Country ” Episode ke-8 dengan pembicara Kamil Muhammad pada hari Jumat, 02 Desember 2022 pukul 19.00 WIB. Kamil Muhammad adalah design director dari studio desain/riset pppooolll, koordinator arsitektur untuk Kampung Susun Kunir,Continue reading “Fight for Architecture #8 – Partisipasi?”

Book Launch | “Nisha” Novel Kolaborasi Ketiga OMAH Library dengan The Mad Tea Book Club

Setelah sebelumnya OMAH Library berkolaborasi dengan The Mad Tea Book Club meluncurkan sebuah novel berjudul “Alasan Alin” karya Krisan Wijaya, kolaborasi ini hadir kembali dengan novel karya Airin Efferin berjudul “Nisha”. The Mad Tea Book Club adalah klub buku berbahasa Inggris dari Indonesia. Klub ini diprakarsai oleh Sherry Heather, Airin Efferin, danContinue reading “Book Launch | “Nisha” Novel Kolaborasi Ketiga OMAH Library dengan The Mad Tea Book Club”

Event | Dara(h) Muda 4 Ep.5 – “Welcome, (Another) Opportunity!”

Dara(h) Muda 4 – “Welcome, (Another) Opportunity!” oleh Defrina Anggraeni Banyak orang memiliki cita-cita untuk menjadi arsitek sebagai pilihan hidup sejak usia dini, pilihan itu ada karena lingkungan sekitar ataupun keluarga terdekatnya, tetapi bisa berubah seiring berjalanya waktu. Jika kamu mengalami hal yang serupa, mungkin kamu cocok dengan kisah Anggi,Continue reading “Event | Dara(h) Muda 4 Ep.5 – “Welcome, (Another) Opportunity!””

Loading…

Something went wrong. Please refresh the page and/or try again.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s