11 Arsitektur Tanimbar, Maluku Tenggara

Tanimbar Kei adalah sebuah desa sekaligus pulau yang terletak tepat pada gugus selatan Kepulauan Kei Kecil. Diapit oleh Laut Banda pada bagian barat dan Kepulauan Tanimbar pada bagian selatan. Pulau ini menampung sekitar 548 masyarakat di dalamnya. Tanimbar Kei dibagi dalam tiga wilayah secara kependudukan besar, yaitu Kampung Atas, Kampung Bawah, dan Kampung Mun.

Salah satu keunikan dari rumah adat di Tanimbar Kei adalah perbedaan latar belakang setiap rumah dan bagaimana setiap Rahan berhubungan dengan Rahan yang lain. Setiap Rahan memiliki sejarah, leluhur, dan fungsi yang berbeda-beda akibat leluhur dari setiap Rahan adalah pendatang dari berbagai penjuru Indonesia. Di Tanimbar Kei terdapat 23 Rumah adat atau yang biasa disebut dengan rahan. Terdapat 21 rahan di Kampung Atas. Sedangakan di Kampung Bawah terdapat dua rahan.

Kontributor

Arsitektur Hijau

Arsitektur Hijau merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam pendokumentasian arsitektur vernakular Indonesia sejak tahun 1985. Setiap tahun Arsitektur Hijau mengadakan kegiatan ekspedisi ke kampung vernakular di Indonesia, sebuah program kerja yang berfokus pada pendokumentasian arsitektur, kebudayaan, dan cara hidup masyarakat vernakular.