Regionalisme

5. Spekulasi Konstruksi Kayu

Rangkaian konstruksi kayu pada arsitektur masyarakat tradisi yang masih bisa dijumpai hingga kini ataupun yang sudah punah (namun sudah terdokumentasi) merupakan bagian terapan dari ilmu statika bangunan yang universal, dibalik keunikan dan perbedaan dari cara-cara menerapkannya serta wujud tampilan rinupa arsitekturnya.

Di balik penyematan ‘Keberagaman-Kekhasan’ pada rinupa tradisi arsitektur kayu dari berbagai wilayah di Indonesia hingga negara lain, tektonika bagai ilmu anatomi yang mulai bisa menjelaskan keterkaitan di antara ‘keberagaman-kekhasan’ dengan ‘kesamaan-kesetaraan’. Bahwa bukan hanya tentang sebaran ‘keberagaman-kekhasan’ namun juga tentang ‘kesamaan-kesetaraan’ yang menyebar.

6. Regionalisme Kritis

Ditengah polemik antara arsitektur postmodern yang mengumumkan kematian arsitektur modern dan arsitektur modern yang menolak mati, sebuah keresahan lain timbul di jagad arsitektur: bayangan dunia nirtempat (placelessness) dan hampa identitas dari modernitas dan individualism serta ornamentasi artifisial postmodern. Regionalisme Kritis bermula sebagai sebuah perlawanan terhadap universalisme arsitektur dan permainan symbol arsitektur postmodern. Berakar pada pandangan filosofis fenomenologi Husserl dan pengembangan teori fenomenologi di arsitektur oleh Schulz, para pioneer regionalism kritis ini mencoba menjawab pertanyaan dari Paul Ricoeur tentang modernitas,

Kisah Regionalisme Kritis oksidental ini menarik untuk dikulik dan dipelajari dan didiskusikan “regionalitas”nya dengan konteks tempat dan masa kita sekarang ini,

Testimoni Acara

karena tidak mengikuti dari awal dan baru bergabung saya merasa kurang mampu mengikuti namun ternyata setelah menyimak lebih lanjut pembahasan yang di berikan oleh ibu Altre itu sangat mampu di hubungkan denga realita yang berlanjut tidak sekedar meelihat sebuah perkembangan dan variasi berdasar ruang waktu dan ruang geo namun kepada faktor yang tidak terlihat berupa hubungan dan korelasi yang makin di perlihatkan oleh materi dari Pak Cahyo yang secara fisik memberikan penjelasan mengenai hubungan tersebut. saya sangat merasa rugi karena tidak mengikuti sesi pertemuan SoS ini dari awal supaya mendapatkan pertalian materi yang lebih baik.
Ahmad Zulfadli

Seperti belajar matematika himpunan semoga nanti bisa membuat diagram venn yg mana semesta, himpunan bagian, irisan dsb ttg story of style.
Nina Burhany

saya cukup terkejut dengan hasil pemaparan materi critical regionalism, bahwa pendekatan atau cara berpikir tersebut menurut saya cukup penting diterapkan di Indonesia. alasannya karena dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat luas tentang kearifan lokal bagaimana budaya telah berlangsung dan berkelanjutan sejak dulu dan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama di dunia arsitektur. saya juga setuju dengan tanggapan bu Altre bahwa dapat dirasakan adanya jarak antara kearifan lokal terhadap perkembangan zaman.
Ignatius Guido Simbolon

Materi yang menarik dan bermanfaat, agar lebih diperluas lagi cakupan kajian.
Ambrosius A. K. S. Gobang, ST.,MT.

Mohammad Cahyo Novianto

Mohammad Cahyo Novianto yang biasa dipanggil dengan ‘MADcahyo’, adalah arsitek yang berpraktek sejak 1999 dan terlibat dalam berbagai studi dan aktivitas tentang arsitektur dan urbanisme. la sudah terlibat pada sekitar 75 proyek arsitektur dengan skala beragam sambil tetap memberikan kuliah dan presentasi tentang arsitektur di beberapa universitas, seminar dan banyak forum diskusi. Cahyo juga melakukanContinue reading “Mohammad Cahyo Novianto”

Altrerosje A. Ngaswoto

Altrerosje A. Ngaswoto menyelesaikan S1 pada thn 1995 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan Tugas Akhir dengan dekonstruksi sebagai pendekatan desain dan S2 thn 2004 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan kajian teks tentang proporsi ruang dalam Alkitab, yang kemudian menjadi titik tolak kegundahan untuk terjun ke dunia akademisi pada tahun 2005 dengan bergabung menjadiContinue reading “Altrerosje A. Ngaswoto”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s