Event | Dara(h) Muda 4 Ep.4 – “5 Tahap Memposisikan Diri dalam Ekosistem Arsitektur”

Tak jarang kita menjadikan profesi arsitek sebagai cita-cita karena alasan-alasan sederhana. Namun, ketika sudah menyandang profesi tersebut, muncullah pertanyaan: “Lalu setelah ini apa? Aku mau jadi arsitek yang seperti apa?” Omah Library mengajak untuk mendiskusikan proses pencarian peran dalam berarsitektur yang dijembatani oleh kisah seorang arsitek muda, Tegar Abieza.

Bagi Tegar, proses tersebut diawali dari mengasah diri dan mewujudkan asa ayahandanya yang dulu tidak berkesempatan menjadi arsitek. Setelah menyandang profesi arsitek, a mulai bertanya-tanya langkah selanjutnya dan menyadari dunia di luar tempurungnya selama ini. Tegar kemudian melakukan reposisi diri, dalam konteksnya a melihat celah pemerataan arsitek di lingkungan pedesaan. Daerah Gunungkidul di Yogyakarta meniadi rumah barunya untuk belajar dan mengabdi sebagai arsitek. Di sana Tegar melebur ke dalam masyarakat dan membuat gelombang gerakan baru bersama komunitas setempat.

OMAH Library melalui Dara (h) Muda percaya bahwa arsitek-arsitek Indonesia seyogyanya tidak terlibat di dalam arsitektur yang itu-itu saja, tetapi terus menembus batas peran, kemampuan, dan merefleksikannya untuk bisa memperbaiki ekosistem arsitektur Indonesia bersama-sama. Simak perjalanan suka duka Tegar dalam mewujudkan asa, baik asa dirinya sendiri, maupun komunitas desa, mulai dari level tetangga, kelurahan, kecamatan, sampai di level kabupaten.

Dara(h) Muda 4 – Episode 4

“Mewujudkan Asa: Arsitek Desa” bersama Tegar Abieza Ruangan Asa

Jumat, 28 Oktober 2022


Informasi OMAH Events lainnya di bawah ini:

Fight for Architecture #8 – Partisipasi?

Pekan ini, Omah Library kembali menyelenggarakan webinar “Fight for Architecture in Broken Ecosystem: The Trap of Post Colonial Country ” Episode ke-8 dengan pembicara Kamil Muhammad pada hari Jumat, 02 Desember 2022 pukul 19.00 WIB. Kamil Muhammad adalah design director dari studio desain/riset pppooolll, koordinator arsitektur untuk Kampung Susun Kunir,Continue reading “Fight for Architecture #8 – Partisipasi?”

Book Launch | “Nisha” Novel Kolaborasi Ketiga OMAH Library dengan The Mad Tea Book Club

Setelah sebelumnya OMAH Library berkolaborasi dengan The Mad Tea Book Club meluncurkan sebuah novel berjudul “Alasan Alin” karya Krisan Wijaya, kolaborasi ini hadir kembali dengan novel karya Airin Efferin berjudul “Nisha”. The Mad Tea Book Club adalah klub buku berbahasa Inggris dari Indonesia. Klub ini diprakarsai oleh Sherry Heather, Airin Efferin, danContinue reading “Book Launch | “Nisha” Novel Kolaborasi Ketiga OMAH Library dengan The Mad Tea Book Club”

Event | Dara(h) Muda 4 Ep.5 – “Welcome, (Another) Opportunity!”

Dara(h) Muda 4 – “Welcome, (Another) Opportunity!” oleh Defrina Anggraeni Banyak orang memiliki cita-cita untuk menjadi arsitek sebagai pilihan hidup sejak usia dini, pilihan itu ada karena lingkungan sekitar ataupun keluarga terdekatnya, tetapi bisa berubah seiring berjalanya waktu. Jika kamu mengalami hal yang serupa, mungkin kamu cocok dengan kisah Anggi,Continue reading “Event | Dara(h) Muda 4 Ep.5 – “Welcome, (Another) Opportunity!””

Loading…

Something went wrong. Please refresh the page and/or try again.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s