History: Do and Don’t

Speaker: Setiadi Sopandi
Moderator: Realrich Sjarief
Host: Satria A Permana
Lecture Notes: Amelia M Djaja
Video Editor: Kirana A Garini
Was live 12.06.2020


Profesi di bidang (yang kita gadang-gadang sebagai) “kreatif” punya konotasi selalu berorientasi ke masa depan seakan tidak relevan dengan masa lalu. Profesi kreatif selalu diberi tuntutan untuk terampil dalam memanfaatkan teknologi terkini dan tanggap terhadap budaya kiwari, dan selalu dalam kodrat untuk mengejar apapun yang ada di depan. Namun di sisi lain, profesi kreatif (khususnya di Indonesia) juga seringkali dibebankan untuk tetap bertolak dari tradisi dan kebiasaan. Tradisi dan kebiasaan ini meliputi berbagai hal yang dianggap lokal, berakar, endemik, atau sesederhana kontra terhadap apa yang global dan industrial. Beberapa dari bentukan tradisi dan kebiasaan ini akhirnya dipatri menjadi model-model yang harus ditiru, direplikasi, dan diadaptasi. Bentuk-bentuk yang dianggap sah, pantas, representatif, relevan terhadap identitas lokal maupun nasional bahkan diperkuat dengan produk-produk hukum – yang memaksa, mewajibkan.

Ini adalah salah satu runutan dari konsekuensi sempitnya pemahaman mengenai tradisi dan sejarah. Pemahaman yang sempit yang mengakibatkan pendangkalan pemanfaatan tradisi dan sejarah itu sendiri. Alih-alih memandangnya sebagai khazanah, kekayaan pengetahuan dari tradisi, peristiwa, artefak tertapis dan menjadi simbol yang ajeg, mengerdilkan kreatifitas kita dalam membaca dan menginterpretasi fenomena masa lalu dan artefak budaya.

Paparan ini akan mencoba mendiskusikan definisi dan peran “sejarah arsitektur” bagi para arsitek dan akademisi arsitektur di Indonesia, dan bagaimana sempitnya definisi itu telah menyebabkan kekeliruan epistemologis di dalam arsitektur sebagai sebuah disiplin dan profesi kreatif.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s