Kelas OMAH | Kilas Balik Bittersweet Memories in Design Experience 25 Maret 2013 – Tan Tjiang Ay

#KelasOMAH #bittersweet #kilasbalikomah#omahthrowback

Sejak mulai dilaksanakan pada 2015 hingga saat ini, program Bittersweet Memories in Design Experience sudah mengundah lebih dari 40 tokoh arsitektur baik yang berprofesi sebagai arsitek, akademisi, maupun profesi pendukung lain.

Di antaranya, kami beruntung pernah berkesempatan untuk mengundang arsitek Tan Tjiang Ay. Saat beliau hadir di untuk berbagi ceritanya OMAH pada 25 Maret 2013, beliau sudah berkarir selama 50 tahun. Usianya jelas sudah tidak muda lagi, tetapi semangatnya sangat terasa memantik pemikiran sekitar 43 peserta juga turut hadir untuk menyimak kisah perjalanannya.

Pak Tan Tjiang Ay saat ini dikenal sebagai arsitek dari Bandung dengan desain-desain yang modern minimalis. Namun, sebelum mapan, dulu beliau menghadapi banyak stigma socio-kultural tentang profesi arsitek. Beliau menempuh studi sarjana arsitektur di ITB, pindah ke UNPAR, tetapi kemudian drop-out di tahun 1960. Alasannya bukan karena faktor ekonomi, tetapi untuk ada ketidaksesuaian yang ia rasakan antara pendidikan di kampus dengan yang ia temukan di lapangan. Setelah 12 tahun berpartner, akhirnya beliau membuka praktiknya sendiri di usia 40 tahun.

Selama acara, Pak Tan lebih banyak melakukan diskusi, menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta seperti: apakah beliau pernah menyerah untuk menjadi arsitek? Seberapa penting identitas desain dalam berpraktik? Siapa tokoh arsitek yang beliau kagumi? dan masih banyak lagi.

Simak lebih jauh kisah arsitek Tan Tjiang Ay dan banyak tokoh arsitektur lainnya dalam kelas Bittersweet Memories in Design Experience melalui website kami omahlibrary.org atau kanal Youtube kami “Omah Library”.

Simak terus media sosial kami untuk kenal lebih jauh dengan tokoh-tokoh arsitektur lainnya~

#tantjiangay#omahlibrary#homeofrestlessspirit#arsitekturmumpuni



Tentang OMAH Events lainnya di bawah ini:

Leave a comment