Menembus Keterbatasan Ekosistem melalui Literasi Arsitektur di OMAH Library?

Di dalam OMAH Library, cara kerja seorang librarian atau researcher dimulai dari menggali literasi ke dalam 4 kemampuan yang berbeda, dimulai dari visi dan misi dalam bentuk Branding, Public Speaking, Menulis, dan Visual Art. Sehingga kerja-kerja literasi adalah kerja untuk mengintegrasikan 4 kemampuan tersebut.

Untuk memulai, kami bertanya-tanya tentang sebuah problematika hal-hal yang ingin digali. Cara yang paling mudah adalah menggunakan cara 5W+1H. Secara umum, kita bisa mulai dengan menyelidiki latar belakang, “Mengapa?” lalu mempertanyakan “Apa” problematika yang ingin dijawab melalui materi tersebut ?. Setelah itu terjawab, maka akan mudah menentukan konteks “Siapa?”, “Di mana?”, “Kapan?”, dan “Bagaimana?”. Itulah cara 5W+1H.

Di OMAH Library, setiap librarian, researcher, dan volunteer akan belajar cara merumuskan kerangka berpikir. Hal ini dimulai dengan menganalisis dan merumuskan pelajaran dari acara-acara yang telah berjalan. Salah satu contoh adalah program Dara(h) Muda yang menggali perjalanan jatuh bangun arsitek dan desainer muda dalam berkarya.

Di dalam menelaah cara kerja OMAH, penting untuk mengingat bahwa dasar kerja riset adalah kolaborasi. Dan kami mengucapkan selamat bergabung bagi kawan-kawan volunteers Batch 1! Tidak terduga antusiasme teman-teman yang begitu besar, hingga melebihi kuota yang kami sediakan. Mari terus berbagi di dalam kerja kolaborasi untuk saling berdiskusi, berdialog, dan mengapresiasi.

Terima kasih banyak kepada teman-teman atas luapan semangat yang luar biasa di dalam belajar di OMAH Library dalam program volunteer 🙂

Salam Riang Gembira!
lihat bio untuk join volunteer di #OMAHvolunteer
ataupun untuk join seminar di #OMAHakademi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s